Skripsi JTE Untirta

Skripsi adalah bentuk tugas akhir bagi mahasiswa program sarjana Jurusan Teknik Elektro. Ia merupakan bentuk karya ilmiah mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk penyelesaian perkuliahan di Fakultas Teknik Untirta. Jurusan Teknik Elektro pada khususnya, mensyaratkan hasil akhir dari skripsi berupa sebuah produk karya ilmiah disertai dengan produk pendukung berupa perangkat lunak atau alat yang merupakan implementasi atau simulasi dari teori yang telah dibahas pada skripsi yang bersangkutan.

Skripsi dilaksanakan oleh mahasiswa atas bimbingan dosen pembimbing dalam jangka waktu satu tahun terhitung sejak ditandatanganinya SK pembimbing oleh Dekan FT Untirta. Apabila dalam waktu satu tahun tersebut mahasiswa belum menyelesaikan skripsi, maka dapat diperpanjang dengan pertimbangan penyesuaian penelitian dan/atau judul dengan pembimbing tetap sama atau berbeda.

Persyaratan

  1. Jumlah SKS yang telah diselesaikan (lulus) minimum 130 SKS
  2. Sudah menyelesaikan Kerja Praktek dan KKM
  3. Sedang atau telah mengambil mata kuliah Metode Penelitian
  4. Lulus mata kuliah umum yaitu Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaran, Pendidikan Agama I dan II dengan nilai minimal C

Seminar Proposal Skripsi

Sebelum mahasiswa melaksanakan skripsi, ia diharuskan untuk membuat proposal skripsi. Mahasiswa berkonsultasi dengan dosen untuk mendapat pengarahan berkaitan dengan usul penelitian yang diajukan berupa proposal skripsi. Untuk dapat melakukan seminar proposal skripsi, mahasiswa harus melakukan prosedur berikut ini :

  1. Mendaftar pada SISTA. Link: ta.untirta.ac.id
  2. Mengisi Formulir Pengajuan Skripsi
  3. Menyerahkan copy Form TA-01 (SISTA) dan Proposal Skripsi ke Dosen Koordinator

Seminar proposal skripsi dijadwalkan dan dipimpin oleh dosen koordinator kelompok keahlian dengan dihadiri oleh para dosen serta mahasiswa penyaji. Rapat dosen akan menentukan apakah proposal tersebut diterima atau tidak, beserta catatan dan rekomendasi, untuk menjadi skripsi mahasiswa. Rapat dosen juga akan menentukan calon pembimbing untuk skripsi yang bersangkutan.

Seminar Hasil Skripsi

Setelah skripsi diselesaikan oleh mahasiswa, maka skripsi harus diseminarkan dihadapan dosen dan mahasiswa dalam sebuah acara seminar hasil skripsi. Untuk dapat melakukan seminar hasil skripsi, mahasiswa harus melakukan prosedur berikut ini :

  1. Mengisi Formulir Seminar Hasil
  2. Menyelesaikan bimbingan skripsi ditunjukkan dengan Form TA-02 (SISTA) terisi lengkap tandatangan beserta lampiran progres Skripsi (Download Form E5)
  3. Kartu Seminar Hasil Skripsi (Form E4) terisi bukti telah menghadiri seminar hasil skripsi sebanyak minimal 10 kali. Download Form E4
  4. Jurnal hasil skripsi format artikel Jurnal Ilmiah SETRUM. Link: jurnal.untirta.ac.id/index.php/jis

Seminar hasil skripsi dihadiri oleh dosen pembimbing yang bertindak sebagai pimpinan seminar hasil skripsi, mahasiswa sebagai peserta seminar minimal 10 orang, serta mahasiswa yang bersangkutan sebagai penyaji.

Sidang Skripsi

Setelah seminar hasil skripsi dilaksanakan, maka dapat dijadwalkan pelaksanaan sidang skripsi sebagai ujian untuk menilai skripsi yang bersangkutan. Sidang skripsi dapat dilakukan dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Jumlah SKS lulus minimum 139 SKS. Tidak memiliki Nilai E (Nilai D Maksimal 12 SKS). Tidak ada masalah Nilai dalam Transkrip
  2. Menyerahkan Transkrip nilai (semester 1 s/d terakhir)
  3. Memiliki KRS mencantumkan SKS Skripsi dan sudah disahkan oleh Dosen Pembimbing Akademik
  4. Tidak sedang Cuti Kuliah
  5. Bukti Selesai Seminar Hasil Skripsi (Berita Acara, Daftar Hadir)
  6. Menyerahkan Copy Sertifikat TOEFL (dari LDC Fakultas Teknik UNTIRTA) Skor Minimal 400
  7. Surat Keterangan Bebas SPP dari BUKK dengan membawa SLIP SPP dari Awal-Akhir dan Form TA-02 (menyatakan selesai bimbingan Skripsi) disetujui pembimbing I dan II
  8. Formulir Pemantauan Skripsi TA-02
  9. Formulir Pendaftaran Sidang Skripsi TA-03 (SISTA)
  10. Copy Draft Laporan Skripsi (2 pembimbing, 2 penguji)

Sidang skripsi dipimpin oleh seorang ketua sidang dan dihadiri oleh dua orang penguji skripsi (ketua sidang dapat merangkap sebagai penguji) dan pembimbing skripsi. Dalam sidang skripsi akan ditentukan nilai mahasiswa yang merupakan rangkuman dari nilai pembimbing dan nilai penguji.

Revisi Skripsi

Mahasiswa harus menyelesaikan revisi yang disepakati ketika sidang selambat-lambatnya dua minggu terhitung dari tanggal pelaksanaan sidang skripsi. Apabila dalam waktu dua minggu mahasiswa tidak dapat menyelesaikan revisi karena kelalaian mahasiswa maka dikenakan sanksi. Sanksi dapat berupa pengurangan nilai, penahanan hak-hak mahasiswa atau sidang ulang. Proses revisi dianggap selesai apabila semua pembimbing dan penguji telah membubuhkan tanda tangan pada lembar pengesahan skripsi.

Informasi lebih lengkap tercantum pada Web Skripsi dan Panduan Skripsi JTE.