Sarana dan Prasarana JTE Untirta

Sarana

  • Pustaka (buku teks, karya ilmiah, dan jurnal; termasuk juga dalam bentuk CDROM dan media lainnya).
  • Sumber-sumber pustaka di lembaga lain (lembaga perpustakaan/ sumber dari internet beserta alamat website) yang biasa diakses/dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa program studi ini.
  • Peralatan utama yang digunakan di laboratorium (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya) yang dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Prasarana

  • Ruang kerja dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS.
  • Prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan) yang dipergunakan PS dalam proses belajar mengajar.
  • Prasarana lain yang menunjang (tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, poliklinik).

Profil Singkat Laboratorium

Laboratorium Jurusan Teknik Elektro memiliki 5 ruangan sesuai dengan bidang peminatan. Total keseluruhan terdapat 20 praktikum yang bersesuaian dengan mata kuliah dasar dan peminatan konsentrasi. Selain kegiatan praktikum, Laboratorium juga digunakan untuk resident mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir, Kerja Praktik, Project, dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun soft skill non akademik. Lab ini juga telah mengikuti pameran di Internal Fakultas Teknik maupun Universitas, tingkat Provinsi, maupun Nasional. Beberapa alat yang menjadi unggulan laboratorium JTE adalah renewable energy, robotic, telekontrol, dan telecomunication. Sumber dana lab diperoleh dari APBN, Grant research, Pelatihan, Internal Jurusan, dan sumbangan alumni).


Laboratorium Jurusan Teknik Elektro terdiri dari 5 sub-Lab dan memiliki modul dan instrument untuk menunjang praktikum dan research diantaranya adalah:
1. Laboratorium Komputer dan Pemrogramman
2. Laboratorium Sistem Tenaga Listrik
3. Laboratorium Kendali dan Telemetri
4. Laboratorium Telekomunikasi
5. Laboratorium Instrumentasi