Pelatihan PLC

Bekali Mahasiswa, Jurusan Teknik Elektro gelar Pelatihan PLC

 

Cilegon, 26 Oktober 2019. Pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 merupakan hari yang special bagi Jurusan Teknik Elektro. Tiga elemen jurusan bersatu untuk merealisasikan konsep three in one (3 in 1) yaitu JTE – IKAE – HME. JTE adalah Jurusan Teknik Elektro sebagai sebuah institusi yang menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul. Lulusan yang mampu bersaing di lapangan pekerjaan. Para lulusan ini kemudian membuat kumpulan atau organisasi yang disebut dengan IKAE (Ikatan Keluarga Alumni Elektro). Sedangkan customer dalam Pendidikan adalah mahasiswa yang juga memiliki wadah yang disebut Himpunan Mahasiswa Elektro (HME). Apabila ketiga elemen tersebut dapat saling berkolaborasi dan koordinasi diyakini akan mampu menghasilkan kekuatan yang besar, yang pada akhirnya visi lembaga akan segera tercapai.

Pada hari Sabtu tersebut telah terselenggara pelatihan PLC (Programmable Logical Controllers) yang merupakan kolaborasi apik ketiga komponen tersebut. Bertindak selaku penyelenggara selaku instruktur adalah alumni Teknik Elektro yaitu Amri Alamuddin dan Eko Fujisyah. Sedangkan teknis kegiatan dilaksanakan oleh HME khususnya Bidang Akprof (akademik profesi). Dalam sambutan Ketua HME, Rizki Maulana mengucapkan terimakasih pada abang-abang IKAE yang berkenan memberikan ilmunya pada adik-adiknya. Sedangkan Bang Didik Iskandar yang mewakili IKAE memberikan harapan bahwa kegiatan hari ini bukanlah yang terakhir. IKAE dengan senang hati akan terus memberikan transfer ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa JTE Untirta sebagai bentuk rasa saying terhadap almamaternya.

Acara yang dilaksanakan di Auditorium Gedung CoE Petrokimia FT Untirta ini diikuti kurang lebih 155 peserta. Menurut laporan panitia ternyata peserta tidak hanya berasal dari internal Jurusan Teknik Elektro Untirta. Sebagian berasal dari instansi pendidikan di luar Untirta seperti SMK dan BLK, serta masyarakat umum. Dr. Supriyanto selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro mengungkapkan rasa bangganya atas kontribusi alumninya dalam pengembangan sisi akademik mahasiswa. Hal tersebut merupakan bagian penilaian akreditasi BAN PT. Pak Supri mengingatkan kembali tentang visi JTE Untirta yaitu menjadi Prodi Unggul Tahun 2020 yang tinggal satu tahun lagi. Beliau menunjukkan prestasi yang telah diraih dosen-dosen di jurusan dan prestasi alumni. Dalam kesempatan tersebut Kajur menyampaikan harapannya agar mahasiswa juga mampu menunjukkan sifat unggulnya melalui unjuk prestasi akademis dan non akademis.

Pelatihan PLC dianggap sangat penting bagi mahasiswa elektro khususnya yang mengambil konsentrasi kendali (KIK) dan system tenaga listrik (KST). Namun menurut Kajur, materi PLC yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Sistem Penggerak Industri telah diwajibkan bagi mahasiswa elektro di kurikulum 2019. Hal ini agar mahasiswa Teknik Elektro Untirta dapat menguasai alat yang memang banyak digunakan di industri sehingga menjadi nilai tambah lulusan dalam persaingan kerja. Semoga pelatihan ini dapat memberi bekal dan semangat bagi peserta sehingga mampu memanfaatkan ilmunya di tempatnya masing-masing. Berikut beberapa dokumentasi acara tersebut.

Suasana Ruang Auditorium CoE saat pelatihan PLC
Pemberian Sertifikat Pelatihan kepada Perwakilan Peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *