Pengabdian Masyarakat ke SD Cilegon

Dalam rangka memenuhi kewajiban tri dharma perguruan tinggi, Dosen Prodi Teknik Elektro Untirta melakukan pengabdian masyarakat di Sekolah Dasar (SD) Sumampir. Pengabdian masyarakat yang berjudul ‘Pengenalan Teknologi Robot Line Follower pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Cilegon’ ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SDN Sumampir, SDN Simpang Tiga dan SDN Kubangutuh 1. Pengabdian yang dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Untirta dan Untirta Robotic Club (URC) ini merupakan salah satu pengabdian yang mendapatkan pendanaan dari hibah internal Fakultas Teknik Untirta. Pengabdian masyarakant yang diusulkan oleh Bapak Herudin, ST., MT. ini memperkenalkan teknologi robot secara umum dan teknologi line follower kepada siswa siswi SD di tiga sekolah tersebut. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Elektro Untirta Bapak Dr Suprianto dan Kepala Sekolah SDN Sumampir Hj. Eneng Heni Rukmini, S.Pd.

Saat sesi pertama diperkenalkan teknologi robot secara umum oleh Bapak Ir Ri Munarto M.Eng atau yang biasa dikenal dengan Pak Rim. Pak Rim menyampaikan bahwa tugas utama robot adalah membantu pekerjaan manusia. Seiring perkembangan jaman, teknologi robot juga semakin berkembang dan bahkan memiliki kecerdasan yang bisa disebut dengan kecerdasan buatan.

Pada sesi kedua peserta diperkenalkan serta diberikan kesempatan untuk merakit robot line follower yang telah dipersiapkan oleh Prodi Teknik Elektro Untirta. Pada sesi ini peserta dibagi kedalam sepuluh kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh kakak-kakak mahasiswa dari URC. Setelah semua kelompok meyelesaikan hasil rakitan robot line follower, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mencoba hasil rakitan robotnya. Peserta terlihat antusias dalam acara ini yang ditandai dengan adanya yel-yel penyemangat sebelum melakukan test drive robotnya masing-masing.

Pada penghujung acara terdapat beberapa pesan-pesan dari Bapak H Alief Maulana, ST, MT dan Bapak Muhammad Sadikin, ST., MT. untuk siswa-siswi peserta acara pengenalan teknologi robot line follower ini. Adik-adik peserta diharapkan dapat belajar lebih giat lagi agar dapat berkarya di kemudian hari. Acara ditutup dengan pemberian ucapan terima kasih serta cinderamata dari Prodi Teknik Elektro yang diwakili oleh Bapak Herudin, ST., MT. selaku ketua pengabdian masyarakat kepada SDN Sumampir yang telah bersedia membantu jalannya acara pengabdian masyarakat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *