• Workshop penulisan proposal penelitian
  • Workshop Penulisan Buku Ajar, 23 Agustus 2017
  • Muh. Jauhari (mahasiswa JTE 2014) meraih juara 1 Hifdzil Al Quran 5 juz di MTQMN 2017
  • Workshop penulisan publikasi internasional

BERITA TERKINI

Foto Bersama

Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengikuti final Lomba Inovasi Teknologi di Pandeglang Banten.


Kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Banten 2018-1

Kegiatan final ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, disupport oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristek Dikti) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), berlangsung selama dua hari sejak tanggal 25 sampai dengan 26 Juli 2018, diikuti oleh para pelajar SMA/SMK/MA, perguruan tinggi dan masyarakat umum yang ada di lingkungan Provinsi banten yang telah lolos seleksi pada perlombaan sebelumnya. Menurut keterangan dari Akhmad Rohili, M.Si selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Banten lomba cipta karya inovatif ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, beliau mengamati animo masyarakat Banten mengikuti perlombaan ini sangat tinggi, dari 50 tim yang ada diseleksi lagi hingga menjadi 10 tim dan nantinya dipilih hanya menjadi 3 tim pemenang, menurutnya tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menjaring para pencipta teknologi yang inovatif di Provinsi Banten, yang karya-karyanya nanti dapat bermanfaat untuk Banten beserta masyarakatnya, pada akhir katanya beliau berharap kegiatan ini di waktu yang akan datang lebih baik lagi, pesertanya lebih banyak dan hasil karya inovatifnya lebih beragam lagi.


Kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Banten 2018-2

Pelaksanaan final lomba di hari pertama, tim UNTIRTA yang merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro yakni Ade Irmawan dan Fathur Syah A yang memamerkan serta mempresentasikan hasil karyanya berupa prototipe penyimpan daya listrik untuk charging booth.


Kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Banten 2018-3

Pada hari kedua, tim UNTIRTA menampilkan prototipe Air Pressure Sensor on Balloon Load hasil karya Abdullah Azhari, Citra Nurizati, M Fiqri Al-Fathon dan Togy Simarmata (Prodi Teknik Elektro), prototipe Fuel Loss with Load Cell hasil karya M. Satrio Wibisono, Surya Silalahi, Atis Arias, Dwi Wahyudi (Prodi Teknik Elektro), prototipe rancang bangun dan kalibrasi alat pengukur tekanan darah otomatis (tensimeter digital) berbasis microcontroller Arduino Uno, hasil karya Achmad Hadianto, Rina Tri Handayani (Prodi Teknik Elektro), prototipe rancang bangun penyiram tanaman otomatis berbasis tenaga surya hasil karya Yolanita Fani, Abdul Ghofur Syamdatu, Dian Nur Anwar (Prodi PTM FKIP).


Kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Banten 2018-4

Dr. Supriyanto selaku Ketua Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Untirta yang kini juga terpilih menjadi Ketua Fortei Regional 3 menyampaikan perasaan bangga dengan capaian mahasiswanya yang telah berhasil mencapai final Lomba Inovasi Teknologi tingkat Provinsi Banten, beliau menerangkan slogan Prodinya yakni Berkarya Sejahtera, slogan tersebut bertujuan untuk memacu semangat berkarya sivitasnya yang telah terbukti tidak hanya pada dosennya tetapi juga pada mahasiswanya, pada akhir katanya beliau berkomitmen untuk dapat mempercepat terwujudnya visi Teknik Elektro yang unggul pada 2020 dengan selalu memfasilitasi sivitas Teknik Elektro untuk berkarya dalam penelitian dan dalam kegiatan positif lainnya. (Herdiansyah W-Humas)

Prakata Ketua Jurusan

img

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Menuju JTE Unggul Tahun 2020


Bersyukur pada Allah SWT, website Jurusan Teknik Elektro dapat tampil dengan wajah baru, semoga informasi yang disampaikan dapat memberi manfaat bagi semua pembaca khususnya warga JTE Untirta.


Alhamdulillah saat ini JTE Untirta telah memperolah peringkat akreditasi B, semoga berkah bagi kita warga JTE Untirta dan masyarakat pada umumnya. Dengan visi menuju peringkat unggul pada tahun 2020 dan motto “Berkarya Sejahtera”, JTE Untirta ingin memberikan manfaat bukan saja pada mahasiswa namun juga masyarakat.


Berkarya sejahtera dapat diartikan bahwa setiap karya kita akan mendatangkan kesejahteraan. Karya apapun yang kita buat, maka akan mendatangkan manfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Sebaliknya seseorang yang hidup tanpa karya tidak akan memberi manfaat apapun, bahkan bisa menjadikan dirinya sebagai beban bagi orang lain.


Semoga website ini mampu memotivasi warga JTE Untirta untuk selalu berkarya dalam kerangka Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga kesejahteraan mendatangi kita semua.


Dr. Ir. Supriyanto, M.Sc., IPM.